Kamis, 23 Februari 2012

REFLEKSI PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 

Nabi Muhammad SAW adalah Nabi Umat Islam di seluruh dunia. Beliau adalah Nabi terakhir zaman. Penutup para Nabi. Khatamun Nabiyyin. Tidak ada Nabi yang akan diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalahnya setelah Nabi Muhammad SAW. Jabir pernah bertanya kepada Nabi , " ya Rasulallah, demi ayah dan ibuku, sampaikan pada saya sampaikan sesuatu yang pertama kali diciptakan oleh Allah SWT sebelum menciptakan yang lain". Nabi menjawab, wahai Jabir, sesungguhnya Allah menciptakan Nur Nabimu Muhammad SAW sebelum menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini. dan segala sesuatu di alam semesta ini adalah dari cahaya Nabi Muhammad SAW. dan Nabi pernah bersabda, saya adalah Nabi yang diciptakan pertama kali dan diutus paling akhir.
Nabi Muhammmad SAW lahir di kota Mekkah dan wafat di kota Madinah. beliau lahir dengan keajaiban-keajaiban. di antara yang saya ketahui ketika lahirnya Nabi Muhammad SAW seluruh pepohinan yang tidak pernah berbuah waktu itu langsung berbuah, api yang tak pernah padam dan menjadi sesembahan warga Majusi, ketika lahir beliau seketika langsung padam. Ada lagi ketika beliau lahir sang ibu tidak merasakan sakit sedikitpun. tak ada darah bercecer bekas melahirkan.

Makna Peringatan Maulid Nabi  
Peringatan maulid adalah upaya mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tentu saja tidak hanya mengingat hari lahir beliau. Tapi juga mengingat jasa-jasa beliau yang telah menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia termasuk kepada kita. Kemuliaan pada sifat-sifatnya yang luhur budi, penyabar, rendah hati dan lain-lain. Sikapnya yang tegas menyebarkan Islam patut kita teladani. Makna peringatan maulid adalah menyegarkan kembali ingatan kita akan ajaran Nabi dengan berbagai sunnahnya untuk dilaksanakan. "Inilah Syafaat".
Memperingati hari lahir tidaak boleh hanya sebagai kegiatan ritual semata. Tapi harus diaplikasikan atau diwujudkan dalam aktivitas nyata kita di kehidupan sehari-hari. Jika ada yang memperingati maulid dengan berbagai menu makanan itu oke-oke saja dan saja halal. Yang paling penting adalah niatnya. 
Dengan peringatan Maulid Nabi bisa mengingatkan kita untuk selalu membaca shalaeat ( do'a keselamatan untuk Nabi ) karena membaca shalawat mengandung manfaat dan keutamaan. Baca kembali tentang keutamaan membaca Shalawat pada Nabi SAW. Semoga manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar