Senin, 27 Februari 2012

ANTARA SHALAT DENGAN SUJUD
Sudahkah kalian semua sujud kepada Allah? Tanya Abu Qubaisy sebelum mulai memberi pelajaran hari itu.
Mendengar pertanyaan tersebut para murid pun saling berpandangan satu sama lain. Karena pengajian selalu dilakukan seusai salat dan salat selalu diisi dengan sejumlah sujud.
“Tahukah kalian bahwa banyak sekali orang yang salat, tetapi sedikit sekali yang sujud kepada Allah, “ kata Abu Quwaisy lagi  setelah dilihatnya para murid tidak bisa menangkap hakikat pertanyaannya.
“ Dalam suatu hadis disebutkan, pada suatu bulan Ramadhan ada seorang wanita yang mencaci maki pembantunya dengan kasar. Ketika Rasulullah tahu akan perbuatan tersebut, beliau menyuruh orang memanggil wanita yang sedang marah itu. Begitu datang Nabi menyodorkan makanan yang tersedia kepada wanita tersebut dan menyuruhnya makan”. Wanita itu menolak seraya menjelaskan kepada Rasulullah bahwa ia sedang berpuasa. Nabi berkata, “ Mana mungkin kamu berpuasa seraya mencaci maki pembantumu. Puasa itu justru  mencegah orang untuk berbuat buruk. Alanmgkah banyaknya orang yang lapar, tapi betapa sedikitnya orang yang puasa.”
“ Jadi sebenarnya tuan ingin mengatakan alangkah banyaknya orang yang salat, tapi betapa sedikitnya orang yang bersujud kepada Allah?” tanya salah seorang murid yang sadar ke mana pelajaran hari itu diarahkan.
Benar, banyak sekali orang salat tapi hatinya tidak pernah sujud kepada Allah.
Sumber: S. Saiful Rahim: Lorong-Lorong Menuju Taqwa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar